Marketing Mix in E-Commerce Purchasing Decisions

Authors

  • Lathifah Nur Shoimah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.32506/joes.v4i1.657

Keywords:

Marketing Mix, Purchasing Decisions, E-Commerce

Abstract

This article discusses the marketing mix of e-commerce purchasing decisions. The methods used in this study are literature methods sourced on books, research reports, journals and websites. This article found that: (1) The development of information and communication technology led to significant social, economic, and cultural changes; (2) The emergence of Marketplace as an e-commerce makes it easier for consumers to shop online; (3) Marketing Mix consisting of products, prices, places and promotions affects online purchasing decisions.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asna A (2010) Analisis Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Sepeda Motor Pada Mahasiswa Se-Malang Raya. Jurnal Ekonomi Modernisasi 6(2). 2: 130–139.

Dinawan MR (2010) Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian (studi Kasus Pada Konsumen Yamaha Mio Pt Harpindo Jaya Semarang). masters. UNIVERSITAS DIPONEGORO. Available at: http://eprints.undip.ac.id/23755/ (accessed 15 March 2021).

Ekasari P and Dharmawan AH (2012) Dampak Sosial-Ekonomi Masuknya Internet Dalam Kehidupan Remaja Di Pedesaan (Studi Kasus: Dua Desa di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat). Skripsi 4(1). 1: 57–71. Available at: http://kpm.ipb.ac.id/karyailmiah/index.php/skripsi/article/view/56 (accessed 13 March 2021).

Evelina N, Waloejo HD and Listyorini S (2013) Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Telkomflexi (studi Kasus Pada Konsumen Telkomflexi Di Kecamatan Kota Kudus Kabupaten Kudus). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis 1(1). 1. Universitas Diponegoro: 203–213.

Febriantoro W (2018) Kajian Dan Strategi Pendukung Perkembangan E-Commerce Bagi Umkm Di Indonesia. Manajerial : Jurnal Manajemen dan Sistem Informasi 17(2). 2: 184–207. DOI: 10.17509/manajerial.v17i2.10441.

Hadi R (2013) Pengaruh People, Physical Evidence, Product, Promotion, Price Dan Place Terhadap Tingkat Kunjungan Di Kafe Cozies Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran 1(2). 2: 1–9.

Hamzah D and Nadjib M (2013) Pemanfaatan Internet Sebagai Media Promosi Pemasaran Produk Lokal Oleh Kalangan Usaha Di Kota Makassar. KAREBA : Jurnal Ilmu Komunikasi: 30–40. DOI: 10.31947/kjik.v2i1.346.

Hidayat I (2017) Pelaksanaan Promosi Melalui Media Sosial Instagram Pada Toko Zizara Depok. Cakrawala - Jurnal Humaniora 17(2). 2: 226–236. DOI: 10.31294/jc.v17i2.2544.

Machmud M (2011) Perkembangan Teknologi dalam Industri Media. Jurnal Teknik Industri 12(1). 1: 57–64. DOI: 10.22219/JTIUMM.Vol12.No1.57-64.

Marpaung J (2018) Pengaruh Penggunaan Gadget dalam Kehidupan. Kopasta : Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling 5(2). 2: 55–64. DOI: 10.33373/kop.v5i2.1521.

Mas’ari A, Hamdy MI and Safira MD (2020) Analisa Strategi Marketing Mix Menggunakan Konsep 4p (Price, Product, Place, Promotion) pada PT. Haluan Riau. Jurnal Teknik Industri: Jurnal Hasil Penelitian dan Karya Ilmiah dalam Bidang Teknik Industri 5(2). 2: 79–86. DOI: 10.24014/jti.v5i2.8997.

Maulana SM, Susilo H and Riyadi (2015) Implementasi E-Commerce Sebagai Media Penjualan Online (studi Kasus Pada Toko Pastbrik Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis 29(1). 1: 1–9.

Mulyandi MR and Sani EP (2020) Pengaruh E Marketing Mix Terhadap Minat Beli Konsumen (studi Kasus Pada E Commerce Di Indonesia). IKRA-ITH EKONOMIKA 3(1). 1: 41–49.

Mulyandi MR, Sudaryono S and Ningrum IT (2012) Inovasi Strategi Pemasaran Internet Menggunakan Search Engine Optimization. Semantik 2(1). 1. Available at: http://publikasi.dinus.ac.id/index.php/semantik/article/view/181 (accessed 15 March 2021).

Pogorelova EV, Yakhneeva IV and Prokubovskaya AO (n.d.) Marketing Mix for E-commerce. SCIENCE EDUCATION: 16.

Putra R (2008) Panduan Lengkap Memilih Koneksi Internet (plus CD). Jakarta: MediaKita.

Rahmidani R (n.d.) Penggunaan E-Commerce Dalam Bisnis Sebagai Sumber Keunggulan Bersaing Perusahaan.: 9.

Reza F (2016) Strategi Promosi Penjualan Online Lazada.co.id. Jurnal Kajian Komunikasi 4(1). 1: 63–74. DOI: 10.24198/jkk.v4i1.6179.

Satory A (2018) Act of Information and Electronic Transactions in Sociology Perspective. JURNAL HUKUM DE’RECHTSSTAAT 3(2). 2: 99–118. DOI: 10.30997/jhd.v3i2.956.

Setiawan W (2014) Pengaruh Marketing mix terhadap keputusan pembelian Toyota Avanza tipe G di Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran 2(1). 1: 1–8.

Setiyani R (2010) Pemanfaatan Internet sebagai Sumber Belajar. Dinamika Pendidikan 5(2). 2: 117–133. DOI: 10.15294/dp.v5i2.4921.

Subianto T (2007) Studi Tentang Perilaku Konsumen Beserta Implikasinya Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekonomi Modernisasi 3(3). 3: 165–182.

Supriyono S and Iskandar D (2015) Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Individu Dan Psikologis Terhadap Keputusan Konsumen Membeli Di Indomaret. Kelola 2(3). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi "Adi Unggul Bhirawa" Surakarta: 43–60.

Tjahjono A (2013) Analisa Marketing Mix, Lingkungan Sosial, Psikologi Terhadap Keputusan Pembelian Online Pakaian Wanita. Jurnal Strategi Pemasaran 1(2). 2: 1–9.

Vitridzky S and Wahyuni II (2017) Strategi Bauran Pemasaran 99ers 100.0 Fm Dalam Mempertahankan Rating Top Radio Remaja. PRofesi Humas 1(2). 2: 142–152. DOI: 10.24198/prh.v1i2.11826.

Wibowo RA (2015) Kesuksesan E-commerce (OnlineShopping) Melalui Trust dan Customer Loyalty. Ekonomi Bisnis 20(1). 1: 1–52.

Yuniarto PR (2016) Masalah Globalisasi di Indonesia: Antara Kepentingan, Kebijakan, dan Tantangan. Jurnal Kajian Wilayah 5(1). 1: 67–95. DOI: 10.14203/jkw.v5i1.124.

Zed M (2004) Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Downloads

Published

2020-06-05

How to Cite

Shoimah, L. N. (2020). Marketing Mix in E-Commerce Purchasing Decisions . Journal of Economicate Studies, 4(1), 36–43. https://doi.org/10.32506/joes.v4i1.657