Aliyah Madrasah Education Quality Management

Authors

  • Acep Saprulloh Nusantara Islamic University, Bandung
  • Asep A. Fathurrohman Nusantara Islamic University, Bandung
  • Marwan Setiawan Nusantara Islamic University, Bandung

DOI:

https://doi.org/10.32506/jois.v4i1.732

Keywords:

Quality Management, Madrasah, Aliyah, Education

Abstract

The background of this research is a phenomena of quality management in education at Madrasah Aliyah in Cimahi City, can’t be manage on planning, actuating and controlling.The core problem of this research are how to manage of quality management in education at Madrasah Aliyah begin from planning, actuating and controlling. The result of research find that quality management in education begin with make of vision and mision and then planning of database and madrasah profile for curricullum dan learning, madrasah administration, organization, equipment, fund of madrasah dan human resources also community participation and achievment of student. The finally proces of quality management in education is controlling from head of madrasah.

References

Ahmad S.R. (2001), Sistem Manajemen Kinerja, Jakarta: Gramedia.

Arikunto, S. (1998), Prosedur Penelitian, Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Azra, A. (1999), Pendidikan Islam, Tradisi dan Modernisasi Menuju Milenium Baru, Jakarta: PT. Logos Wacana Ilmu.

Bendell, L, & Kelly J. (1993), Benchmarking for Competitive Advantage, LondonUnited Kingdom: Pitman Publishing.

Bogdan, C, & Biklen SK. (1986), Qualitative Research for Education An Introduction to Theory and Practices, Boston: Allyn and Bacon Inc.

Bungin, B. (2005), Analisis Data Penelitian Kualitatif, Jakarta: Rajawali Pers.

Danim, S. (2003), Agenda Pembaruan Sistem Pendidikan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Deming, W.E. (1986), Out Of Crisis. Cambridge:Massachusets Institute of Technology.

Dian, (2019), Implementasi Manajemen Mutu Pendidikan di Madrasah Swasta, Al-Ma’arief: Jurnal Pendidikan Sosial dan Budaya.

Echols, J.M. dan Hasan S. (1997), Kamus Inggris-Indonesia: An English-Indonesian Dictionary. Jakarta: Penerbit PT. Gramedia.

Fandy, T & Anastasia, D. (2003), Total Quality Management, Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Furchan, A. (2004), Transformasi Pendidikan Islam di Indonesia, Anatomi Keberadaan Madrasah dan PTAI, Yogyakarta: Penerbit Gema Media.

Gaspersz, V. (2000), Penerapan Total Management In Education (TQME) Pada Perguruan Tinggi di Indonesia, Jurnal Pendidikan (online), Jilid 6, No. 3.

Ghulam, F.M. (2000), Pedoman Manajemen Madrasah,Basis Education Project (BEP) Depag RI kerjasama dengan FKBA, Yogyakarta.

Hanafiah, M.J, dkk. (1994), Pengelolaan Mutu Total Pendidikan Tinggi, Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Negeri.

Haidar P.D. (2004), Kedudukan Pendidikan Islam di Indonesia dalam Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional” dalam buku “Antologi Kajian Islam, Medan: Citapustaka Media.

Hasibuan, M.SP. (2001), Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara.

Karel, A.S. (1984), Pesantren, Madrasah dan Sekoleh, Jakarta: LP3M.

Kurniyati, Eti. (2019), Implementasi Konsep Manajemen Mutu Pendidikan Perpsektif Pendidikan Islam, Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran dan Pencerahan.

Ma’arif, S. (2007), Revitalisasi Pendidikan Islam, Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu.

Maksum. (2001), Madrasah Sejarah dan Perkembangannya, Jakarta: Logos.

Mastuhu. (1999), Memberdayakan Sistem Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu.

Masyitoh, M. H., (2020), Manajemen Mutu Pendidikan Perspektif QS. Ar-Ra’du Ayat 11 dan Implementasinya dalam Pengelolaan Madrasah,Jurnal Manajemen Pendidikan (JUMPA), Probolinggo: Universitas Nurul Jadid.

Moedjiarto. (2001), Sekolah Unggul: Metodologi untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jakarta: Duta Graha Pustaka.

Moleong, J.L (2006), Metodologi Penelitian Kuantitatif, Bandung: PT. Rosda-Karya.

Mulyasa E. (2003), Manajemen Berbasis Sekolah Konsep, Strategi dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Muhadjir, N. (1996), Metodologi Penelitian Kualitatif, Yogyakarta: Rake Sarasin.

Nasution, MN. (2000), Manajemen Mutu Terpadu, Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nawawi, Hadari. 1999. Administrasi Pendidikan Jakarta. Gunung Agung

Purwanto, N. (1998), Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Penerbit PT. Remaja Rosdakarya.

Robbins, S.P. (1984), Management: Concepts and Practices. Englewood Cliffs: Prentice-Hall.

Sahertian, P.A. (2000), Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan. Jakarta: Bineka Cipta.

Siagian, S.P. (1992), Fungsi-Fungsi Manajerial. Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Slamet, PH. (2000), Karakteristik Kepala madrasah Yang Tangguh, Jurnal Pendidikan, Jilid 3, No. 5 (online) (http://www.ut.ac.id diakses 20 Juni 2009).

Steenbrink, K. (1986), Pesantren, Madrasah, dan Sekolah, Jakarta: LP3ES.

Stoner, J.A.F. & Freeman, R.A. (2000), Management. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall International Editions.

Surya D. (2006), Kepemimpinan Pengawas Sekolah: Mengembangkan Budaya Tanggung Jawab. Dalam Jurnal Tenaga Kependidikan. Vol. 1, No. 2-Agustus, hal. 9.

Sukarna. (2011),Dasar-Dasar Manajemen. Bandung: CV. Mandar Maju.

Sukarna, Nanang, (1992), Manajemen Perkantoran, Jakarta: Rineka Cipta.

Syafruddin. (2005), Manajemen Lembaga Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Press.

Tilaar. (2004), Paradigma Baru Pendidikan Nasional, Jakarta: PT. Rineka Cipta

Umedi. (2004), Manajemen Mutu Berbasis Sekolah/Madrasah (MMBS/M), Jakarta: Pusat Kajian Mutu Pendidikan.

Wahjosumidjo. (1999), Kepemimpinan Kepala madrasah: Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Winardi.(1983), Asas-asas Manajemen, Bandung: Penerbit Alumni.

Yin, R.K. (1984), Case Study Research: Design and Methods, Beverly Hills: Sage Publication.

Zamakhsari, D. (1984), K.H. Hasyim Asy’ari,Penggalang Islam Tradisional, Majalah Prisma 1, Januari 1984

Depag, RI dan PPIM, (1998), Menteri-menteri Agama RI,Biografi Sosial Politik, Jakarta, INIS, PPIM dan Balitbang Depag.

Depag, RI, (2002), Landasan, Program dan Pengembangan Kurikulum Madrasah Aliyah. Jakarta: Ditjen Bimbagais.

Departemen Pendidikan Nasional RI, UUNo. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Sekretaris Jenderal Departemen Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2021-06-05

How to Cite

Acep Saprulloh, Asep A. Fathurrohman, & Marwan Setiawan. (2021). Aliyah Madrasah Education Quality Management. Journal of Islamicate Studies, 4(1), 45–53. https://doi.org/10.32506/jois.v4i1.732